Minggu, 23 Agustus 2009

SILABUS


Mata Kuliah:RENCANA PEMBELAJARAN IPS
Kode :
Bobot SKS :
Jurusan : PIPS
Program Studi :
Semester : GASAL
Mata Kuliah Prasyarat :
Pengajar : DR. Iwan Hermawan, M.Pd.

Standar Kompetensi : Setelah perkuliahan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk
1. Memahami Konsep dasar Perencanaan
2. Memahami pentingnya Persiapan pembelajaran
3. Membuat Perencanaan Pembelajaran IPS

Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan pengertian Rencana Pembelajaran.
2. Menjelaskan landasan pengembengembangan kurikulum IPS
3. Menjelaskan Kosep dan komponen Perencanaan
4. Menjelaskan KTSP
5. Mengembangkan Tujuan Pembelajaran
6. Mengembangkan bahan ajar IPS
7. Mengembangkan Media Pembelajaran IPS
8. Mengembangkann Kegiatan dan Evaluasi belajar
9. Mengembangkan Silabus dan Rencana Pengajaran

Indikator : Setelah selesai perkuliahan Mahasiswa sekurang-kurangnya mempunyai kemampuan :
1. Menjelaskan pengertian rencana pembelajaran
2. Menjelaskan menjelaskan landasan pengembangan kurikulum IPS
3. Menjelaskan Konsep dan komponen Perencanaan Pengajaran
4. Menjelaskan KTSP
5. Mengembangkan Tujuan Pembelajaran
6. Mengembangkan Bahan Ajar IPS
7. Mengembangkan Media Pembelajaran IPS
8. Mengembangkan Kegiatan dan Evaluasi Belajar
9. Mengembangkan Silabus dan Rencana Pembelajaran
Deskripsi Mata Kuliah : Dalam perkuliahan ini dibahas aspek-aspek yang menjadi landasan dalam kurikulum IPS dan berbagai faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum IPS. Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan perencanaan pengajaran IPS meliputi aspek-aspek pengembangan tujuan, pengembangan bahan pengajaran, media dan sumber belajar, menentukan berbagai proses belajar yang sesuai tujuan, dan mengembangkan alat evaluasi hasil belajar. Pada awal perkuliahan, mahasiswa akan diberi penjelasan tentang pengertian rencana pembelajaran IPS, pada perkuliahan selanjutnya materi perkuliahan akan difokuskan pada tema-tema yang berhubungan dengan : (1) landasan pengembangan kurikulum IPS (2) Konsep dan komponen Perencanaan Pengajaran (3) KTSP; (4) Tujuan Pembelajaran; (5) Bahan Ajar IPS; (6) Media Pembelajaran IPS; (7) Kegiatan Evaluasi Belajar; (8) Silabus dan Rencana Pembelajaran.
Materi Pokok Perkuliahan : 1. Pengertian Rencana Pembelajaran
2. Landasan pengembangan kurikulum IPS
3. Konsep dan komponen Perencanaan Pengajaran
4. KTSP
5. Tujuan Pembelajaran
6. Tujuan Pembelajaran (lanjutan)
7. UTS.
8. Bahan Ajar IPS
9. Bahan Ajar IPS (lanjutan)
10. Media Pembelajaran IPS
11. Media Pembelajaran IPS (Lanjutan)
12. Kegiatan dan Evaluasi Belajar
13. Silabus dan Rencana Pembelajaran
14. UAS
Pendekatan Pembelajaran :

Penilaian : Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Kehadiran . : 20 %
2. UTS / UAS : 40 %
3. Tugas Individu / Kelompok (Artikel dan makalah) : 30 %
4. Keaktifan di kelas : 10 %
Total 100%


Buku Sumber :
1. Ballantine, JH. (1985) Schools and Society, A Reader in Education and Sociology. California : Mayfield.
2. Evans, R.W.; Saxe, D.W., ed (1996) Handbook on Teaching Social Issues (NCSS Bulletin 93). Washington : NCSS.
3. Fenton, E. (1966) Teaching The New Social Studies in Secondary Schools : An Inductive Approach. New York : Holt, Rinehart and Winston, Inc.
4. ---------- (1967) The New Social Studies. New York : Holt, Rinehart and Winston, Inc.
5. Jarolimek, J., and Parker, W.C. (1993) Social Studies in Elementary Education (Ninth Edition). New York : MacMillan Publishing Company.
6. NCSS (1994), Curriculum Standards for Social Studies.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Tahun 2006)
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tentang Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Tahun 2006)
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan Nomor 23 (Tahun 2006)
10. Sunnal, C.S., and Hass, M.E. (1993) Social Studies and the Elementary/Middle School Student. New York : Harcourt Brace Jovanovich College Publisher.
11. Talut, T. dan Abduh, M (1980) Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : P3G Depdikbud.
12. Zamroni (2005). “PARADIKMA PENDIDIKAN MASA DEPAN (1)” dalam pakguruonline [online]. Tersedia : http://www.geocities.com/ pakguru-online/ wacana_pdd_frameset.html . [03-02-2005].



Mengetahui, Jakarta, …………………….
Ketua Jurusan/Prodi Dosen Pengampu Mata Kuliah



………………………… Dr. Iwan Hermawan. M.Pd.