Kamis, 19 Maret 2009

Silabus Sejarah dan Geografi

Mata Kuliah : SEJARAH DAN GEOGRAFI
Kode :
Bobot SKS : 2
Jurusan : PGMI
Program Studi :
Semester : 2
Mata Kuliah Prasyarat :
Pengajar : Dr. Iwan Hermawan, M.Pd.
Standar Kompetensi : Setelah perkuliahan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk
1. Memahami pengertian, konsep, generalisasi, dan filsafat Sejarah dan Geografi
2. Memahami hubungan antara Sejarah dan Geografi
3. Memahami kedudukan sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan
4. Memahami sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi
5. Menganalisis peranan Sejarah dan Geografi dalam penumbuhan rasa cinta tanah air.

Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan pengertian dari Sejarah dan Geografi
2. Menjelaskan konsep-konsep pada Sejarah dan Geografi
3. Menjelaskan Filsafat Sejarah dan Geografi
4. Menjelaskan Sejarah Geografi
5. Menjelaskan Geografi Sejarah
6. Menjelaskan kedudukan sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan dasar
7. Menjelaskan kedudukan Sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan menengah.
8. Menjelaskan sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Environmental Resources)
9. Menjelaskan sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Model Resources)
10. Menganalisis peranan Sejarah dan Geografi dalam penumbuhan rasa cinta tanah air.

Indikator : Setelah selesai perkuliahan Mahasiswa sekurang-kurangnya memiliki kemampuan untuk :
1. Menjelaskan pengertian dari Sejarah dan Geografi
2. Menjelaskan konsep-konsep pada Sejarah dan Geografi
3. Menjelaskan Filsafat Sejarah dan Geografi
4. Menjelaskan Sejarah Geografi
5. Menjelaskan Geografi Sejarah
6. Menjelaskan kedudukan sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan dasar
7. Menjelaskan kedudukan Sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan menengah.
8. Menjelaskan sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Environmental Resources)
9. Menjelaskan sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Model Resources)
10. Menganalisis peranan Sejarah dan Geografi dalam penumbuhan rasa cinta tanah air.


Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Sejarah dan Geografi didisain guna memberikan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa tentang Sejarah dan Geografi serta hubungan keduanya, terutama dalam koridor pendidikan. Hal ini dikarenakan pemahaman mahasiswa terhadap konsep IPS dan PKn akan diperlukan guna memahami Sejarah dan Geografi secara lengkap dan menyeluruh yang pada akhirnya dapat menjadi bekal saat mengabdikan ilmu yang diperoleh di tengah masyarakat, khususnya ketika mengajarkan mata pelajaran IPS dimana didalamnya terkandung materi berkenaan dengan Sejarah dan Geografi. Untuk itu perkuliahan ini diawali dengan materi tentang pengertian Sejarah dan Geografi. Pada perkuliahan selanjutnya materi perkuliahan difokuskan pada tema-tema yang berhubungan dengan (1) konsep-konsep pada Sejarah dan Geografi; (2) Filsafat Sejarah dan Geografi; (3) Sejarah Geografi; (4) Geografi Sejarah; (5) Kedudukan Sejarah dan Geografi dalam Kurikulum Pendidikan Dasar; (6) Kedudukan Sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan menengahi; (7) Sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Environmental Resources); (8) Sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Model Resources); (9) Peran Sejarah dan Geografi dalam upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air

Materi Pokok Perkuliahan : 1 Pengertian dari Sejarah dan Geografi
2 Konsep-konsep pada Sejarah dan Geografi
3 Filsafat Sejarah dan Geografi
4 Sejarah Geografi
5 Geografi Sejarah
6 Kedudukan sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan dasar
7 Kedudukan Sejarah dan Geografi dalam kurikulum pendidikan menengah.
8 Sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Environmental Resources)
9 Sumber pembelajaran Sejarah dan Geografi (Model Resources)
10 Peranan Sejarah dan Geografi dalam penumbuhan rasa cinta tanah air.

Pendekatan Pembelajaran :
Penilaian : Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Kehadiran . : 20 %
2. UTS / UAS : 40 %
3. Tugas Individu / Kelompok (Artikel dan makalah) : 30 %
4. Keaktifan di kelas : 10 %
Total 100%

Buku Sumber : 1. Al Muchtar, S. (2001) Epistemologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Gelar Pustaka mandiri.
2. Daldjoeni, N. ( ) Geografi Kesejarahan. Bandung : Alumni
3. Dimyati, M. (1989) Pengajaran Ilmu-ilmu Sosial di Sekolah : Bagian Integral Sistem Ilmu Pengetahuan. Jakarta : P2LPTK Dirjen Dikti, Depdikbud.
4. Banks, JA. (1985) Teaching Strategies for the Social Studies. New York : Longman.
5. Fenton, E. (1966) Teaching The New Social Studies in Secondary Schools : An Inductive Approach. New York : Holt, Rinehart and Winston, Inc.
6. Hamalik, O (1992). Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Mandar Maju
7. Hermawan, I (2002) Museum sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Tesis pada Program Pascasarjana UPI.
8. Jarolimek, J., and Parker, W.C. (1993) Social Studies in Elementary Education (Ninth Edition). New York : MacMillan Publishing Company
9. Schuncke, GM. (1988). Elementary Social Studies : Knowing, Doing, Caring. New York : MacMillan Publishing Company
10. Sjamsuddin, H. ( ) Metodologi Sejarah.
11. Sumaatmadja, N. (1988). Studi Geografi. Bandung : Alumni.
12. Sumaatmadja, N. (1997). Metode Pengajaran Geografi. Jakarta : Bumi Aksara
13. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.